Mengutip data dari wikipedia bahwa Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh sindrom pernapasan akut coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Penyakit ini pertama kali diidentifikasi pada Desember 2019 di Wuhan, ibu kota provinsi Hubei China, dan sejak itu menyebar secara global, mengakibatkan pandemi koronavirus 2019-20 yang sedang berlangsung.

Gejala umum termasuk demam, batuk, dan sesak napas. Gejala lain mungkin termasuk nyeri otot, diare, sakit tenggorokan, kehilangan indera penciuman, dan sakit perut. Sementara sebagian besar kasus mengakibatkan gejala ringan, beberapa berkembang menjadi pneumonia virus dan kegagalan multi-organ. Pada 5 April 2020, lebih dari 1,2 juta kasus telah dilaporkan di lebih dari dua ratus negara dan wilayah, mengakibatkan lebih dari 64.700 kematian. Lebih dari 246.000 orang telah pulih.

Metode alternatif yang memiliki keuntungan tidak harus memperkirakan suatu variabel untuk membuat rumus CFR (Case Fatality Rate) dan itu disebutkan dalam studi "American Journal of Epidemiology" yang dikutip sebelumnya sebagai metode sederhana yang tetap dapat bekerja dengan baik jika bahaya kematian dan pemulihan setiap saat diukur dari masuk ke rumah sakit, tergantung pada peristiwa yang terjadi pada waktu t proporsional dengan menggunakan rumus :

CFR (Case Fatality Rate) = Deaths / (Deaths + Recover)

Dari contoh data yang diambil pada 8 April 2020 akan sama dengan : 87.317 / (87.317 + 319.017) x 100 = 21,4% CFR (seluruh dunia) rumus tersebut dapat di breakdown untuk tiap negara yang hasil persentasenya akan lebih besar dikarenakan variabel pembagi semakin kecil.

Dari kejadian diatas saya mencoba untuk membuat aplikasi web yang berfungsi untuk melacak sebaran virus Covid-19 di seluruh dunia, informasi data yang ada di dalamnya meliputi :

  • Jumlah terkonfirmasi
  • Jumlah sembuh
  • Jumlah meninggal
  • Persentase kematian
  • Populasi negara
  • Luas negara
  • Peta negara
  • Statistik harian dunia

Aplikasi web ini menggunakan node.js, untuk database sebaran virus secara realtime worldwide menggunakan Covid19 Data API. Aplikasi web ini di develop menggunakan React Framework karena sifatnya hybrid cross platform untuk keperluan running sebagai PWA (progressive web app) atau aplikasi mobile phone.

Silahkan cek aplikasi ini melalui link berikut : Covid19 Stats, aplikasi ini dapat diinstall secara langsung melalui android dan iOS device tanpa melalui playstore/appstore (install langsung dari device browser).

Previous Post