CMS (content management system) adalah sebuah aplikasi berbasis web yang memiliki fungsi utama untuk memudahkan pengelolaan konten dalam website. Dengan menggunakan CMS kita bisa melakukan penambahan konten, penyuntingan konten, ataupun meng-upload file yang diperlukan dalam konten tanpa harus mengerti tentang pemrograman web ataupun database secara mendetail. Pada dasarnya sebuah CMS (content management system) terdiri dari dua elemen:

  • Aplikasi manajemen isi (Content Management Application - CMA)
  • Aplikasi pengiriman isi (Content Delivery Application - CDA)

Elemen CMA memperbolehkan si manajer konten yang mungkin tidak memiliki pengetahuan mengenai HTML (HyperText Markup Language) untuk me-manage pembuatan, modifikasi dan penghapusan isi dari suatu website tanpa perlu memiliki keahlian sebagai seorang Webmaster.

Elemen CDA menggunakan dan menghimpun informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi atau diubah oleh si pemilik website untuk meng-update atau memperbarui situs tersebut.

Kemampuan atau fitur dari sebuah sistem CMS berbeda-beda, kebanyakan dari software ini memiliki fitur publikasi berbasis web, manajemen format, kontrol revisi, pembuatan index, pencarian, dan pengarsipan. Content Management System yang sering saya gunakan untuk membangun website adalah :

  • Wordpress (support self-hosting TLD, database)
  • Blogger (support TLD only)
  • OpenCart (support self-hosting TLD, database)
  • PrestaShop (support self-hosting TLD, database)
  • Joomla (support self-hosting TLD, database)
  • Grav (support self-hosting TLD, no database)

Self-hosting berarti anda dapat menginstall aplikasi CMS tersebut pada hosting yang anda sewa (Wordpress, OpenCart, PrestaShop, Joomla dan Grav). Tidak berlaku untuk Blogger yang hanya di host oleh Google. Top Level Domain atau TLD adalah nama domain yang anda sewa untuk memberi alamat pada website seperti .com,.net,.org,.tv dsb.

CMS tersebut pada umumnya menggunakan MySQL untuk penyimpanan database kecuali Blogger sedangkan Grav menggunakan folder untuk menyimpan teks & gambar (flat file CMS tanpa database) penulisan data dengan format markdown bukan WYSIWYG (what you see is what you get).

Next Post